Pengertian dan jenis Malware



Malware adalah gabungan kata, istilah yang menggabungkan " malicious " dan "software" untuk menggambarkan jenis program yang dirancang untuk mencuri informasi atau menyebabkan kerusakan pada komputer. Ini mencakup hal-hal seperti program spyware dan adware, termasuk pop-up dan cookie bahkan pelacakan, yang digunakan untuk memantau kebiasaan surfing pengguna tanpa izin.

Hal ini juga termasuk bahaya yang lebih jahat, seperti keyloggers, trojan horse, worm, dan virus. Dalam istilah sederhana, itu adalah perangkat lunak yang dimaksudkan oleh pengembang untuk menimbulkan kerusakan atau mengeksploitasi komputer orang atau catatan pribadi tanpa persetujuan.
Ancaman yang ditimbulkan oleh Malware

Ancaman yang ditimbulkan oleh perangkat lunak berbahaya telah berkembang kira-kira sejajar dengan jumlah orang yang menggunakan internet di seluruh dunia. Contoh Awal yang terkenal dari malware, muncul pada awal hingga pertengahan 1990-an, sebagian besar hasil dari eksperimen dan lelucon oleh pengembang yang penasaran dengan mencoba untuk memperluas keterampilan mereka. Banyak dari mereka sebenarnya menyebabkan sedikit bahaya, dan hanya menghasilkan tindakan tanpa perintah seperti menampilkan gambar lucu di layar komputer korban. Ini secara bertahap memberi jalan untuk upaya untuk mengeksploitasi komputer yang terinfeksi untuk tujuan mengganggu tetapi relatif biasa, seperti penyebaran email spam dan bentuk lain dari iklan.

Saat penggunaan internet menjadi lebih luas, namun, istilah baru diciptakan: kejahatan cyber. Orang dengan niat buruk cepat menyadari potensi untuk menggunakan alat-alat yang sama untuk mencuri, pemerasan, dan melaksanakan berbagai agenda politik. Pelaku lainnya telah menggunakan perangkat lunak khusus untuk menargetkan korban tertentu; ini akan mencakup apa yang disebut ” serangan penolakan layanan ” terhadap perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah, serta program-program yang dirancang untuk pencurian identitas. Untuk membuat keadaan menjadi lebih membingungkan, secara luas diyakini bahwa pemerintah banyak negara telah baik bereksperimen dengan atau secara langsung mempekerjakan malware untuk melakukan serangan terhadap kelompok musuh atau negara, serta untuk pengumpulan intelijen.
Jenis Malware

Meskipun jenis baru dari perangkat lunak berbahaya yang terus-menerus dalam pengembangan, program ini biasanya jatuh ke dalam beberapa kategori besar. Virus mungkin adalah kategori yang paling terkenal, dan terdiri dari program berbahaya yang dirancang untuk “menginfeksi” program perangkat lunak yang sah. Setelah seseorang menginstal dan menjalankan program yang terinfeksi, virus akan mengaktifkan dan menyebar sendiri ke program lain yang diinstal pada komputer sebelum mengambil tindakan lebih lanjut seperti menghapus file penting dalam sistem operasi. Demikian pula, “worm” adalah program yang berdiri sendiri yang mampu mengirimkan dirinya melalui jaringan secara langsung. Kedua jenis malware dapat menyebabkan kerusakan parah dengan memakan sumber daya penting sistem, yang dapat menyebabkan komputer korban untuk membekukan atau crash. Virus dan worm biasanya mengeksploitasi berbagi file dan database seperti buku alamat email untuk menyebar ke komputer lain.

Ancaman kurang jelas tapi sama berbahaya termasuk keyloggers, program yang merekam setiap keystroke pengguna dan kemudian meneruskan informasi kepada siapa pun menginstal program untuk memulai. Hal ini memungkinkan untuk mencuri informasi seperti password, nomor rekening bank, dan nomor kartu kredit. Sebuah Trojan horse adalah program berbahaya yang menyamar dalam software lain yang tampaknya sah. Setelah terinstal, Trojan dapat menginstal “backdoor” yang akan digunakan untuk mengambil informasi pribadi dan transfer ke komputer lain. Hacker biasanya menggunakan bentuk-bentuk malware untuk melakukan tindak pencurian identitas.
PC vs Mac

Hal ini umumnya benar bahwa PC lebih cenderung menjadi korban malware dari komputer Apple Macintosh. Ada banyak teori di balik mengapa demikian. Beberapa memperkirakan bahwa kebanyaknya orang menggunakan Windows® PC yang ada membuat mereka menjadi target yang lebih menguntungkan. Ahli lain telah menyarankan bahwa arsitektur sistem operasi yang digunakan oleh Mac dirancang dengan cara yang membuat lebih sulit untuk di hack. Meskipun keunggulan ini, virus Mac berorientasi dan bahaya yang terkait di luar sana, dan tindakan pencegahan yang sama pentingnya dengan mereka untuk PC.
Melawan Ancaman tersebut

Program anti-virus perlindungan yang baik ketika terus up to date. Beberapa produk ini bahkan dapat memindai email untuk semua jenis kode berbahaya atau mencurigakan, dan mengingatkan pengguna untuk kehadirannya, bahkan jika tidak dikenali. Sering, mereka kehilangan beberapa jenis ancaman, seperti Trojan dan spyware, sehingga merupakan ide yang baik untuk menjalankan setidaknya satu program anti-adware dalam hubungannya dengan anti-virus. Menggunakan firewall juga membantu karena, sementara itu tidak akan membuat malware keluar, dapat menyimpan program tersebut mengakses internet dan memberikan informasi pribadi kepada sasaran yang dituju.

Tidak ada produk tunggal dapat menjamin untuk melindungi komputer dari semua program jahat ini. Pengembang di kedua sisi terkunci dalam pertempuran terus-menerus untuk lebih maju dari yang lain. Pada akhirnya, pengguna adalah garis pertahanan terakhir dengan berhati-hati tentang membuka email dari sumber yang tidak diketahui, dan kemudian menjauhi dari situs jelek.
Berburu penyebab

Saat mengembangkan software untuk mendeteksi, menghapus, dan memperbaiki kerusakan telah menjadi industri yang menguntungkan, ada juga upaya dilakukan untuk membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan. Ini adalah tantangan besar karena meskipun penjahat cyber sering membentuk organisasi bawah tanah yang besar, masing-masing peserta biasanya tersebar di seluruh dunia, dan dapat berkomunikasi atau melakukan pekerjaan mereka dari lokasi yang memiliki komputer dan akses internet. Hanya melalui kerja sama internasional penegak hukum dapat menjadi efektif; memang operasi bersama tersebut telah menyebabkan beberapa keberhasilan yang dramatis. Tidak semua pemerintah sama-sama kooperatif, dan beberapa tampaknya menutup mata sama sekali, sangat menghambat upaya untuk menyerang masalah pada sumbernya.

Komentar

Postingan Populer